Tutorial
CorelDRAW 1
CorelDRAW adalah sebuah drawing software yang sangat populer.
Sebuah software yang serbaguna dan dimanfaatkan oleh para desainer dari
berbagai aliran: seni murni, desain logo,
desain ikon dan karakter, desain poster, brosur, kartu nama, cover buku dan sebagainya. Digemari oleh desainer cetak karena memiliki palet warna yang mendekati warna yang dihasilkan oleh mesin cetak, meskipun demikian CorelDRAW tidaklah cocok digunakan untuk layout isi buku.Pertama kali muncul pada tahun 1987, versi terakhir yang dirilis adalah X5 (15) pada Februari 2010.Popularitas dan penggunaannya yang begitu luas membuat software lain yang sejenis, sedikit banyak kemudian mengikuti tampilan dan cara penggunaannya, termasuk drawing software yang tidak berbayar (open source).
desain ikon dan karakter, desain poster, brosur, kartu nama, cover buku dan sebagainya. Digemari oleh desainer cetak karena memiliki palet warna yang mendekati warna yang dihasilkan oleh mesin cetak, meskipun demikian CorelDRAW tidaklah cocok digunakan untuk layout isi buku.Pertama kali muncul pada tahun 1987, versi terakhir yang dirilis adalah X5 (15) pada Februari 2010.Popularitas dan penggunaannya yang begitu luas membuat software lain yang sejenis, sedikit banyak kemudian mengikuti tampilan dan cara penggunaannya, termasuk drawing software yang tidak berbayar (open source).
B. Drawing dan
Painting, Apa Bedanya?
Painting berarti bahwa ketika anda menambahkan sesuatu – apakah itu
titik, garis, bangun, coretan dan sebagainya – ke atas bidang gambar, maka anda
melakukan hal yang sama dengan mencorat-coret sebuah kertas: anda mengubah
warna bidang gambar tersebut, sehingga coretan yang anda buat tidak dapat
digeser atau diubah kecuali dihapus. Pada painting, manipulasi individual
terhadap coretan dicapai dengan sistem layering: seolah-olah anda memiliki selembar
kertas putih di dasar dan berlapis-lapis kertas transparan di atasnya: coretan
pada lapis ke 15 dapat anda hapus tanpa merusak coretan lain di lapis ke 14.
Drawing berarti bahwa apa yang anda tambahkan ke bidang gambar sebenarnya
adalah sebuah objek. Seperti menaruh pin, penggaris, dan busur di atas selembar
kertas. Benda-benda tersebut tidak pernah menyatu dengan kertasnya, sehingga
bebas untuk dimanipulasi, misalnya digeser.Setiap objek drawing merupakan hasil
penggambaran secara matematis dari informasi komponen grafis objek yang
tersimpan. Ukuran file citra hasil painting akan membesar seiring dengan ukuran
bidang gambar dan jumlah layernya, sedangkan ukuran file gambar hasil drawing tergantung
pada banyaknya objek di dalamnya. Citra painting menyimpan hasil akhir
coretan-coretan anda berupa sebuah lukisan utuh (dikenal juga sebagai bitmap);
gambar drawingmenyimpan koordinat titik, jenis objek dan manipulasinya saja
(dikenal juga sebagai vector), sehingga perlu rendering (proses penggambaran)
setiap kali kita ingin melihat hasilnya.
C. Berkenalan
Dengan CorelDRAW
a. Membuka
CorelDRAW
CorelDRAW tersedia dalam paket bernama Corel Graphics Suite bersama beberapa
software grafis laindari Corel yang saling melengkapi. Ukuran instalasinya
antara 100-300 megabyte untuk seluruh paket tersebut.Corel Graphics Suite
tersedia untuk sistem operasi Windows dan Macintosh.Jika CorelDRAW telah
terinstal, sangat mudah untuk membukanya, tinggal menamukan lokasi grup
software aplikasi pada computer anda. Contoh untuk Windows adalah klik tombol
‘Start’ _ ‘All Programs’ _ ‘CorelDRAW Graphics Suite X4’ _ ‘CorelDRAW X4’.Bagaimana
jika versi CorelDRAW yang dimiliki berbeda? Temukan saja bagian menu yang
memuat kata Corel, kemudian cari shortcut untuk CorelDRAW di sana.
b. Antarmuka CorelDRAW
Klik saja ‘New’, dan akan
muncul antar muka utama CorelDRAW. Tutorial ini menggunakan CorelDRAW versi X4
untuk pembahasannya.Jika versi yang anda miliki berbeda, jangan khawatir,
secara garis besar antarmuka CorelDRAW tidak mengalami perubahan radikal dari
satu versi ke versi berikutnya, sehingga informasi dalam tutorial ini masih
dapat anda gunakan.Perbedaan yang ada adalah kemampuan baru yang ditambahkan
setiap kenaikan versi, yang biasanya ditunjukkan oleh adanya tool baru pada
toolbar atau menu baru, sehingga pada versi yang lebih lama dari X4, beberapa
bagian antarmuka belum ada.
Bagian-bagian antarmuka CorelDRAW (nomor menunjuk pada ilustrasi
gambar):
1. Title Bar
2. Menu Bar
Kumpulan menu yang digunakan untuk mengakses seluruh fungsi-fungsi
yang ada pada CorelDraw, termasuk membuka – menyimpan file, efek-efek, dan
sebagainya.
3. Standard Toolbar
Kumpulan icon yang berfungsi untuk mengakses menu-menu umum yang paling
sering dipakai. Berikut isi standard toolbar:
4. Property Bar
Berfungsi menampilkan pilihan properti dari sebuah fungsi toolbox
yang tengah dipakai. Pada kondisi default (tool yang terpilih adalah pick tool
– panah putih, maka property bar akan berisi ukuran kertas bidang gambar, orientasi
kertas, unit yang digunakan, dan sebagainya. Property bar akanselalu berubah
tergantung dari tool yang kita pilih di toolbox.
5. Ruler Bar
6. Toolbox
Berisi pilihan tool dan mode menggambar. Klik pada sebuah ikon
tool untuk menggunakannya, maka tombol ikon akan tampak seperti ditekan, dan
tooltersebut siap kita gunakan pada bidang gambar. Kadang juga terdapat subtool
yang dapat dimunculkan dengan menekan agak lama pada sebuah icon tool, kemudian
klik pada sub tool yang tersedia. Isi Toolbox ditunjukkan pada halaman
berikutnya.
7. Bidang Kerja
8. Bidang Gambar
Luasan bidang gambar dengan ukuran kertas tertentu yang dapat kita
gunakan untuk mendesain gambar.Apayang berada di luar tepi bidang gambar tidak
akan ikut tercetak saat diprint.
9. Palet Warna
Digunakan untuk memilih warna yangakan kita pakai untuk mewarnai sebuah
objek gambar. Klik kiri pada palet akan mengeset warna isian (fill) suatu
objek, dan klik kanan pada palet akan mengeset warna tepi dan garis (line).
10. Penunjuk Halaman
11. Status Bar
Menunjukkan beberapa status penting dan event yang sedang terjadi,
juga pada bagian kanan menunjukkan warna fill dan line sebuah objek.
12. Object Properties
Menampilkan setting yang dapat dipilih dari sebuah objek. Biasanya
yangterdapat di sini adalah warna fill, warna garis, dan sebagainya untuk
sebuah objek tertentu saja.
c. Tool Untuk
Menggambar
Anda membutuhkan beberapa peralatan dasar untuk memudahkan anda menggambar.Peralatan
atau tool ini tersedia pada Toolbox di sebelah kiri antarmuka, dan secara
sengaja dikelompokkan pada bagian atas untuk mempermudah penggunanya mengingat
dan menjangkaunya.Tool harus diklik terlebih dahulu untuk menggunakannya. Tool
dasar ini diantaranya adalah:
·
Pick Tool
Memilih dan mengaktifkan obyek untuk melakukan manipulasi
objek.Misalnya scaling, rotating, skewing, resizing.
·
Shape Tools
1. Shape Tool : Melakukan proses editing node pada shape (komponen
garis dari obyek).
2. Smudge Tool : Menggosok obyek sehingga merubah bentuk obyek
yang digosok tersebut.
3. Roughen Tool : Memberikan efek distorsi pada obyek.
4. Transform Tool : Merotasi, membesarkan, mengecilkan, skewing
image secara bebas.
·
Crop Tools
1. Crop Tool : Digunakan untuk menghapus objek diluar seleksi.
2. Knife Tool : Pisau yang berfungsi untuk memotong obyek. Cara
kerjanya persis seperti menggunakan pisau biasa.
3. Eraser Tool : Menghapus bagian tertentu dari obyek.
4. Virtual Segment delete tool : Menghapus segmen secara virtual
·
Zoom Tools
1. Zoom Tool : Membesarkan atau mengecilkan tampilan area kerja di
monitor.
2. Hand Tool : Menggeser area kerja ke posisi tertentu.
d. Mulai
Menggambar
Mengatur
Ukuran Bidang Gambar
Karena dirancang untuk desain kreatif – termasuk desain cetak,
maka CorelDRAW menyediakan bermacam-macam ukuran kertas secara default untuk
membantu Anda memilih secara cepat ukuran yang diinginkan. Hampir segala jenis
ukuran kertas standar yang populer dapat anda temukan di sini: Letter, A4, F4,
B4, Business Card, Hagaki dan sebagainya. Pengaturan tambahan meliputi
orientasi kertas, satuan ukuran yang akan digunakan dan lain-lain. Klik Menu
Tools _ Options _ Document _ Page _ Size untuk memunculkan jendela pengaturan
ukuran bidang gambar yang ditunjukkan pada halaman berikutnya.Alternatif lain
adalah ketika tool dalam posisi ‘Pick Tool’, ubah ukuran kertas yang ada pada
Property Bar, apakah Letter, A4 atau sebagainya, atau kita juga bisa mendefinisikan
sendiri ukuran yang kita mau, misalnya 3 x 4 inchi, atau 30 x 30 cm, pada boks
di sebelah kanan ukuran kertas, sekaligus pilih orientasi kertas, apakah portrait
(tegak) atau landscape (tidur).
Menambahkan
Objek
Pada bagian awal dijelaskan bahwa CorelDRAW adalah drawing
software.Semua yang terletak di atas bidang gambar adalah objek. Artinya,
apapun yang pernah anda lihat berada di atas bidang gambar, baik itu titik,
garis, bangun, citra (image), teks dan lain-lain, yang meskipun seolah-olah
membentuk sebuah kesatuan komposisi, sebenarnya adalah entitas-entitas terpisah
yang saling bebas satu sama lain. Objek apa saja yang dapat ditambahkan ke
dalam bidang gambar? Ada berbagai pilihan objek yang disediakan pada bagian
tengah Toolbox.Seluruhnya adalah objek geometris – karena dibuat secara matematis,
tetapi objek-objek ini jika dikombinasikan dapat menghasilkan gambar yang
menarik.
Curve Tools
1. Freehand Tool : Membuat
obyek berupa garis bebas.
2. Bezier Tool :
Membuat obyek garis dengan menentukan banyaknya node.
3. Artistic Media Tool : Membuat obyek garis dengan berbagai bentuk
yangartistik.
4. Pen Tool :
Membuat obyek kombinasi antara garis lurus dan garis lengkung secara
langsung.
5. Polyline Tool :
Membuat obyek kombinasi garis lurus dan freehand secaralangsung.
6. 3-Point Tool :
Membuat obyek garis dengan kurva 3 point.
7. Connector Tool : Membuat
obyek garis konektor secara interaktif
8. Dimension Tool : Membuat obyek garis ukuran pada suatu obyek yang
kitabuat.
Smart Tools
1. Smart Fill :
Untuk mewarna objek dan garis secara bersamaan sesuai dengan
pengaturan.
2. Smart Drawing : Membuat
obyek garis secara bebas seperti freehand tool, namun dengan
hasil yang lebih bagus.
Rectangle
Tools
1. Rectangle Tool :
Membuat obyek persegi panjang atau bujur sangkar.
2. 3-Point Rectangle Tool :
Membuat obyek persegi panjang atau bujur sangkar dengan
kemiringan tertentu.
Ellipse
Tools
1. Ellipse Tool :
Membuat obyek lingkaran atau elips.
2. 3-Point Ellipse Tool :
Membuat obyek lingkaran atau elips dengan kemiringantertentu.
Object
Tools
1. Polygon Tool :
Membuat obyek segi banyak.
2. Star Tool
: Membuat obyek-obyek bintang.
3. Complex Star Tool :
Membuat obyek-obyek bintang sudut banyak.
4. Graph Paper :
Membuat obyek menyerupai tabel.
5. Spiral Tool :
Membuat obyek spiral.
6. Text Tool
: Membuat obyek teks.
7. Table Tool :
Membuat tabel.
Perfect
Shape Tools
1. Basic Shapes Tool : Membuat obyek-obyek dasar.
2. Arrow Shapes Tool : Membuat obyek-obyek anak panah.
3. Flowchart Shapes Tool : Membuat obyek-obyek flowchart.
4. Banner Shapes Tool : Membuat objek-objek banner.
5. Callout Shapes Tool : Membuat obyek-obyek callout (objek isi
teks pada komik).
Eyedropper
Tools
1. Eyedropper tool : Mengambil sampel warna dari suatu obyek.
2. Paintbucket tool : Memberikan warna tertentu pada suatu obyek.
Bagaimana
cara menambahkan objek?
Contoh berikut akan menambahkan objek berupa segi empat dan
lingkaran. Untuk membuat segi empat, klik ‘Rectangle Tool’ pada Toolbox, klik
pada bidang gambar, kemudian tarik sesuai ukuran segi empat yang diinginkan dan
selamat, sebuah segi empat telah ditambahkan pada bidang gambar anda! Lakukan
cara yang sama untuk menambahkan sebuah lingkaran, tetapi sebelumnya klik pada
‘Ellipse Tool’ sebelum anda mulai melakukan klik dan tarik pada bidang gambar.
Setiap bentuk objek sebenarnya memiliki shortcut tombol keyboard masing-masing
untuk mempercepat proses desain. Temukan beberapa diantaranya melalui
eksperimen, dan cobalah membuat objek-objek yang lainnya!
Catatan
ketika menambahkan objek teks
Jika anda ingin menambahkan teks tanpa batas segi empat – misalkan
kalimat slogan atau judul, klik ‘Text Tool’ kemudian cukup sekali klik pada bidang
gambar, dan ketikkan teks yang anda inginkan. Jika anda melakukan dengan cara
yang sama seperti contoh di atas (klik dan tarik) saat
menambahkan objek teks, maka akan tercipta sebuah batas segi empat
yang menjadi tempat menuliskan teks anda. Batas ini berfungsi seperti batas
kolom pada majalah.
Bagaimana
cara mengubah garis dan isian objek?
Lakukan eksperimen pribadi, dan temukan bagaimana anda dapat mengubah
warna garis, ketebalan garis, pola garis, warna isian objek, pola isian objek,
dan sebagainya. Temukan jawabannya pada suplemen modul ini, tetapi berusahalah
untuk menemukannya sendiri terlebih dahulu!
Menambahkan
Objek Gambar Berformat Lain
Tidak hanya objek asli dari CorelDRAW yang dapat kita taruh di
atas bidang gambar.Seandainya anda memiliki citra atau gambar yang dibuat
dengan software grafis lainnya, objek tersebut dapat dimasukkan pula ke dalam
bidang gambar, jika format objek tersebut didukung oleh CorelDRAW. Format
gambar lain yang didukungmisalnya adalah EPS (Encapsulated PostScript), AI (Adobe
Illustrator), SVG (Scalable Vector Graphics – format gambar terbuka), serta format-format
citra umum seperti BMP (bitmap), JPG, GIF, PNG (Portable Network Graphics –
format citra terbuka) dan sebagainya. Caranya adalah sebagai berikut:
a.
Klik pada
menu ‘File _ Import’, atau bisa juga dengan menekan ‘Ctrl + I’ padakeyboard.
b.
Muncul
kotak dialog ‘Import’ untuk memilih gambar, pilih gambar yang dikehendaki,
kemudian klik tombol Import
c.
Muncul
placeholder untuk meletakkan gambar di bidang gambar, gerakkan mouse ke tempat yang
dikehendaki, kemudian klik untuk menempatkan gambar tersebut.
d.
Objek
selesai diimpor ke bidang gambar. Objek ini masih bisa digeser jika letaknya
kurang pas dengan cara klik pada bagian objek yang bukan bagian tengahnya,
kemudian tarik ke lokasi yang diinginkan.
Penting
tentang impor citra!
Citra hasil impor yang memiliki warna latar belakang putih belum
tentu akan berubah menjadi latar belakang transparan ketika menjadi sebuah objek.
Hanya format citra *.gif dan *.png, dan gambar dari aplikasi vector lainnya
yang latar belakangnya dapat terlihat transparan; itu pun dengan syarat tertentu
yang terkait dengan cara penyimpanan gambar tersebut pada waktu dibuat.
Memanipulasi
Objek
Kelebihan dari konsep objek adalah, bahwa sebuah objek tidak
terikat dengan bidang gambarnya maupun objek yang lain, sehingga setiap objek
bisa dimanipulasi secara bebas tanpa mempengaruhi yang lain.
Manipulasi
Dasar Objek
1. Select (Memilih)
Pilih tool Pick Tool yang berada pada urutan teratas toolbox,
kemudian klik pada objek yang diinginkan. Untuk memilih lebih dari satu objek,
sinari seluruh objek (melakukan klik dan tarik pada area sekitar objek-objek
dimaksud) atau menekan tombol keyboard ‘Shift’ sambil melakukan klik pada
masing-masing objek.
2. Move (Memindah)
Pilih objek yang diinginkan, kemudian pindahkan dengan cara
melakukan klik dan tarik pada objek tersebut. Jika anda ingin menggeser
beberapa objek sekaligus, pastikan ketika melakukan klik dan drag, kursor mouse
diposisikan pada salah satuobjek tersebut.
3. Resize (Memperbesar/Memperkecil)
Pilih objek yang diinginkan, kemudian klik dan tarik kotak
berwarna hitam di pojok-pojok atau kiri-kanan-atas-bawah objek untuk merubah
ukuran objek.Jika Anda menginginkan objek membesar dan mengecil sesuai
porosnya, tekan terlebih dahulu dan tahan tombol keyboard ‘Shift’ selama
melakukan klik dan tarik. Alternatif lain untuk melakukan resize adalah
menggunakan ukuran persen yang terdapat pada Property Bar. Persen ini berlaku
untuk panjang dan lebar objek.Jika menggunakan property bar, anda harus
mengetikkan angka yang diinginkan, kemudian tekan tombol keyboard ‘Enter’.
4. Rotate (Memutar)
Pilih objek yang diinginkan, lalu klik sekali lagi pada sembarang
bagian objek untuk menjadikan mode rotate, di mana tanda hitam di pojok-pojok
akan berubah menjadi panah melingkar. Klik dan tarik pada panah tersebut untuk
memutar objek. Jika anda menginginkan objek berputar sesuai porosnya yang baru,
Anda harus memindah poros-nya dengan caraklik dan tarik pada ikon poros. Alternatif
rotasi yang lain adalah menggunakan fungsi rotasi yang ada pada Property Bar,
dengan fungsi rotasi CCW (counter clockwise – melawan arah jarum jam). Jika
menggunakan property bar, anda harus mengetikkan angka yang diinginkan,
kemudian tekan tombol keyboard ‘Enter’.
Setelah selesai melakukan rotasi, klik sekali lagi pada objek
untuk mengembalikannya ke mode resize.
5. Delete (Hapus)
Pilih objek yang diinginkan, lalu tekan tombol ‘Del’ pada
keyboard.
Mengapa objek dapat dimanipulasi dengan mudah?Ditarik, dibalik,
diputar, kok sepertinya luwes sekali?Objek yang terlihat di layar sebenarnya
disimpan sebagai informasi komponen grafis saja, misalnya koordinat titik,
garis, warna, dan rumus penyusun objek tersebut.
Apa yang terlihat secara visual adalah hasil rendering atau
penggambaran secara matematis dari komponen-komponen grafis objek tersebut.
Dengan demikian manipulasi akan langsung diterapkan secara matematis terhadap komponen
informasi yang dimanipulasi, misalnya letak sebuah titik, dan secara otomatis
komponen lain akan menyesuaikan. Ukuran dan posisi objek tidak akan
mempengaruhi besarnya informasi yang disimpan, tetapi banyaknya objek yang
disimpan.
Menyimpan
dan Membuka Gambar
Bekerja dengan banyak objek akan membuat memory komputer berkurang,
dan bukan tidak mungkin nantinya anda akan bekerja dengan ratusan bahkan ribuan
objek, yang – karena asyiknya – tidak terasa menghabiskan seluruh memory komputer
dengan efek samping komputer berhenti atau mengeluarkan pesan kesalahan. Satu
hal yang harus diketahui adalah jika hal ini terjadi, pada beberapa kasus
CorelDRAW ikut berhenti dan gambar anda menjadi hilang.Seluruhnya? Ya,
seluruhnya! Oleh karena itu jangan lupa untuk sering melakukan
penyimpanan untuk mencegah hilangnya pekerjaan anda. Disarankan untuk melakukan
save setiap 5 atau 10 menit sekali.
Menyimpan
Gambar
Klik pada menu ‘File _ Save’, atau bisa juga dengan menekan ‘Ctrl
+ S’ pada keyboard, atau dengan mengklik ikon ‘Save’ (gambar disket) pada Standard
Toolbar. Jika sebelumnya gambar belum pernah disimpan,akan muncul kotak dialog
‘Save Drawing’ yang menanyakan nama file. Ketikkan nama file sesuai keinginan
anda, kemudian klik tombol ‘Save’. Untuk alasan kompatibilitas, anda dapat
memilih format penyimpanan file gambar. Format default adalah CDR. Anda dapat
juga memilih untuk menyimpan dalam format CDR versi-versi sebelumnya, agar file
gambar anda dapat dibuka oleh CorelDRAW versi lama. Jendela penyimpanan
ditunjukkan oleh gambar pada halaman berikutnya.
Membuka
File Gambar
Untuk membuka kembali gambar, klik pada menu ‘File _ Open’, atau
bisa juga dengan menekan ‘Ctrl + O’ pada keyboard, atau dengan mengklik ikon
‘Open’ (gambar folder berpanah keluar) pada Standard Toolbar. Akan muncul kotak
dialog ‘Open Drawing’, pilih file yang diinginkan kemudian klik tombol ‘Open’.
Menyimpan gambar yang mengandung objek teks.Jika anda memiliki
objek teks pada gambar anda, kemungkinan ketika gambar tersebut dibuka di
komputer lain, ada beberapa font yang tidak dimiliki komputer tersebut,
sehingga font yang anda gunakan untuk menuliskan teks tidak akan dapat
ditampilkan. Untuk menghindari hal ini, pilihlah objek-objek teks yang dibuat
menggunakan font yang jarang ada, kemudian lakukan ‘Convert to Curve’. Objek
teks anda akan menjadi kurva. Kekurangan dari cara ini adalah teks anda tidak dapat
diedit kembali. Cara lain adalah dengan mencontreng pilihan ‘EmbedTruetype
Fonts’ saat melakukan penyimpanan pertama kali. Dengan carakedua ini teks masih
tetap dapat diedit, tetapi ukuran file akan menjadi lebih besar karena memuat
pula seluruh font yang digunakan.
Bonus Tips
Modul 1
Membentuk teks mengikuti sebuah objek lain
a.
Buatlah
sebuah objek garis dengan ‘Bezier Tool’.
b.
Klik ‘Shape
Tool’, klik dua kali pada objek garis yang dibuat sebelumnya, akan muncul sebuah
titik hitam besar sebagai titik lengkungan kurva.
c.
Tarik titik
hitam besar tersebut sesuai keinginan untuk membentuk kurva.
d.
Sesuaikan
sudut kurva dengan menarik-narik titik hitam kecil yang ada di ujung garis
putus-putus.
e. Dapatkah cara ini diterapkan pada objek selain garis? Cobalah!
Membentuk teks
mengikuti sebuah objek lain
a. Buatlah sebuah objek, apakah itu lingkaran, kotak atau garis.
c. Dekatkan pointer mouse ke objek tersebut sampai ikon pointer berubah
menjadi huruf Adengan lekuk di bawahnya. Klik mouse dan silakan mulai menulis
teks mengikuti bentuk objek yang bersangkutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar